Kamis, 18 Agustus 2011

Budaya Sanitasi yang Baik

Nah buat temen temen yang  dapat tugas tentang Sanitasi air,  ini saya ada satu artikel yang insyaallah dapat membantu... Cekiottt :D


Budaya Sanitasi yang baik

Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.
Kita sering mendengar bahwa harus menjaga jarak antara septic tank dengan sumber air bersih, mungkin ada teman teman yang tak tau…..mengapa harus menjaga jarak?, apa akibatnya?, berapa jarak minimal antara septic tank dengan sumber air? Mari kita bahas!
1.      
    Mengapa kita harus menjaga jarak antara septic tank atau tempat air yang kotor dengan sumber air?
Jawabannya adalah agar tidak terjadi perembesan kuman-kuman Kotoran melalui tanah ke sumber air bersih
2.     
             Apa akibatnya dari tidak menjaga jarak?
Kuman-kuman merembes dan masuk ke sumber air akan mencemari air yang ada didalamnya, air itu jika diminum atau dimasak dan masuk kedalam tubuh kita, kita akan terserang penyakit, sebagai contohnya ada teserang Diare
3.     
     Berapa jarak minimal antara Septic tank dan sumber air bersih?
Jarak antara septic tank dengan sumber air bersih baiknya adalah 10 meter sampai 12 meter

Selain pengaturan jarak septic tank dengan sumber air, pengaturan aliran limbah rumah tangga yang baik merupakan bagian dari pembudayaan Sanitasi yang baik.

Kita sering melihat selokan-selokan diperumahan yang alirannya tidak lancar, sehingga menyebabkan bau yang menyengat dan menjadi sarang baik Nyamuk, Tikus dan Kecoa.
Hal diatas tentunya dapat merugikan kesehatan bagi penghuni perumahan. Banyak potensi penyakit yang dapat diakibatkan oleh hal diatas.
Maka dari itu, diperlukan pengelolaan yang baik agar aliran selokan selalu lancar. Untuk kesuksesan pengeloaan tersebut, masyarakat sekitar harus berperan aktif baik dengan diadakannya kerja bakti secara rutin maupun melatih perilaku masyarakat dengan menghindari membuang sampah diselokan dan melakukan tindakan segera bila menemukan aliran selokan yang tersumbat/terhambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar