Minggu, 25 September 2011

Tips Belanja Online

TIPS BELANJA ONLINE
Dengan terus bertambahnya pengguna internet di Indonesia Belanja Online merupakan suatu pilihan apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang konsentrasi penduduknya di pulau Jawa. Anda yang berada di Sumatera,Kalimantan,Sulawesi, atau Papua tidak perlu repot-repot datang ke Bandung ataupun Jakarta untuk membeli suatu produk cukup surfing di internet cari web yang dituju, pilih-pilih,transfer uangnya tinggal tunggu deh barangnya datang. Anda yang berada di perkotaan yang mungkin kesal terjebak kemacetan, malas berdesakan di mall atau sibuk pekerjaan belanja online adalah solusinya. Namun walaupun ada beberapa kemudahan, kewaspadaan diperlukan mengingat kita tidak bertatap langsung dengan si penjual, berikut beberapa tips agar kita tidak tertipu waktu berbelannja online :
1. Waspadai toko online hosting atau nama domain yang gratisan. Walaupun tidak semua hosting yang gratisan melakukan penipuan tapi dari beberapa kasus bahwa setelah beberapa costumer mentransfer sejumlah uang toko online tersebut langsung tidak  aktif atau berganti nama domain.
2. Pastikan toko online tersebut mempunyai nomor telepon yang valid, lebih bagus jika mempunyai nomor lebih dari 1 (satu).
3. Toko online yang kualifaid biasanya ada fasilitas chatting (yahoo messenger,MSN dll), lihat seberapa sering toko online tersebut online, jika sering online itu pertanda bahwa kita bisa menghubungi setiap saat.
4. Sebelum melakukan pemesanan lakukan komunikasi dengan pengelola toko online melalu sms atau chating, dari komunikasi ini dapat di ketahui apakah info kontak itu palsu, apakah pengelola itu tahu persis mengenai produk yang dijualnya termasuk ketersediaan produk tersebut.
5. Pastikan toko online tersebut mempunyai alamat yang lengkap.
6. Cermatlah dalam memilih suatu produk, perhatikan spesifikasinya apakah cocok dengan keperluan kita kalau itu fashion apakah cocok dengan tubuh kita.
7. Catat kode produk yang anda pesan, karena biasa pengelola toko online akan mengkonfirmasi pesanan anda.
8. Jangan tergiur dengan harga murah atau potongan harga yang sangat besar, bandingkan barang yang sama dengan toko online yang lain.
9. Karena sekarang sudah banyak ATM bersama, transfer antar bank bukan menjadi masalah, transfer-lah dengan angka unik agar cepat dikenali oleh pengelola toko online, misalnya nilai transfer Rp 300.000,- maka transfer-lah dengan angka ganjil misalnya Rp 300.075, jika sudah ditranfers segera konfirmasi via sms ke pengelola toko online agar pesanan anda segera diproses. Simpanlah struk transfer.
10. Mintalah no resi pengiriman, ini berguna apabila barang tidak kunjung datang kita bisa mengecek ke jasa ekspedisinnya (PT Pos,Tiki,atau JNE, dll).
11. Jika barangnya sudah diterima cek apakah barang tersebut dalam kondisi baik dan sesuai dengan pesanan kita.Kerusakan barang dapat diakibatkan 2(dua) macam yaitu :
- Kerusakan memang barang tersebut sudah cacat. Jika hal ini terjadi segeralakukan complain ke pengelola toko online, toko online yang baik akan segera mengganti barang tersebut dengan yang baru atau mengembalikan uang anda.
- Kerusakan akibat pengangkutan Segera komplain ke penyedia jasa pengiriman dan informasikan juga ke pengelola toko online untuk melakukan komplain dimana barang tersebut dikirim.
Demikian, semoga bermanpaat.
Salam,
Erni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar